Disiplin

Diposting oleh Pelajaran SSD Online on Kamis, 15 November 2012


Usia-usia yang terlibat di dalam organisasi ini masih meliputi mereka yang dianggap "di bawah usia" di dalam beberapa keadaan, demikian juga dengan mereka yang dianggap dewasa dan oleh karena itu sepenuhnya bertanggung jawab untuk tindakan mereka sendiri. Yang diharapkan adalah bahwa semuanya berfungsi berdasarkan disiplin diri atau sering disebut sebagai disiplin internal. Hal seperti itu mungkin tidak selalu terjadi. Mungkin saja ada anak-anak yang berusia 16 tahun yang berpikir bahwa mereka seperti telah berusia 25 tahun, atau sebaliknya ada orang muda yang lebih tua tapi tidak mau hidup sampai pada tingkatan kedewasaan di mana dia harus berada di sana.
Jadi bagaimana seorang pemimpin menetapkan aturan-aturan yang dapat diatur dan yang akan dihargai yang menyanggupkan organisasi tersebut kepada fungsinya dengan lancar tanpa kritikan dari anggota-anggota gereja setempat?
Di sanalah terdapat kunci yang benar kepada aturan-aturan yang baik dan sederhana pada saat yang bersamaan. Tingkah laku yang diharapkan setiap waktu adalah mencerminkan standar moral yang tinggi dan tidak akan menjadi sebuah motif membubarkan klub bagi kepemimpinan gereja setempat. Motivasi membangun harus ditempatkan sebelum keanggotaan klub berada pada perencanaan kegiatan awal tahun, demikian juga sebelum kunjungan lapangan pada saat kongres orang muda atau kegiatan perkemahan berlangsung misalnya. Sikap konstruktif ini akan menjadi aturan pendorong yang terutama dari tingkah laku, dan bukan sebuah daftar dari apa yang dapat dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Jika demikian sikap dan tingkah laku, maka akan tercermin secara baik pada klub dan gereja setempat, dan perhatian orang-orang perlu diarahkan kepada kenyataan dengan sikap yang tenang dan sopan. Ini bias menjadi sebuah solusi yang berhasil untuk pertobatan dan perubahan tingkah laku yang mengembalikan orang tersebut kepada rumah tangga mereka. Sederhana, dan tidak ada yang rumit. Setiap orang harus diperlakukan dengan penuh tanggung jawab untuk tindakan-tindakan mereka, dan sebagai hasil baliknya adalah akan mendapatkan reaksi yang sederhana dan teguh. Ini adalah kehidupan membangun di dunia orang dewasa.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar