KEPEMIMPINAN PEMUDA ADVENT I

Diposting oleh Pelajaran SSD Online on Kamis, 15 November 2012


Orang-orang muda Advent layak mendapatkan kepemimpinan. "Dia adalah yang mengornanisasikan tujuan yang telah ditetapkan dalam  menanamkan kepada orang muda pengetahuan akan Allah, dan mencetak karakteristik selaras dengan irama-Nya, mengerjakan pekerjaan yang tinggi dan mulia. Dia sadar akan keinginan untuk mencapai standard Allah, dia mempersembahkan satu pelajaran yang tinggi setinggi surga dan luas seluas dunia. Dengan adanya tantangan yang telah dibuat sebelumnya, kita perlu dengan sungguh mempertimbangkan beberapa qualitas dasar dari kepemimpinan. Pemimpin perlu untuk: 
1. Memusatkan Hidup Pada Kristus
Hal ini akan membawa para pemimpin Kristen untuk menghasilkan pria dan wanita Kristen. Lebih daripada itu, pemimpin klub remaja haruslah pria dan wanita yang hidupnya ditandai dengan hidup yang berpusat pada kehidupan Kristus. Para pemimpin harus menunjukkan apa yang mereka harapkan kepada remaja akan menjadi apa mereka di masa mendatang. Pengalaman ini akan mewujudkan keinginan tersebut dengn bentuk yang menyenangkan dalam semua tugas dan semangat percaya diri dan optimis dalam hubungannya untuk membangun kerajaan Allah di bumi ini. 
2. Benar-Benar Mencintai Orang Muda
Satu-satunya motif yang menyenangkan dalam melayani di klub remaja adalah mencintai anak-anak yang sedang bertumbuh. Cinta ini tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Akan mudah disampaikan kepada hati anak-anak remaja  bila orang dewasa membagikan waktunya, energi dan persahabatan dengan anak yang sedang bertumbuh. Cinta yang seperti itu mudah dimengerti oleh anak remaja melalui program-program yang telah direncanakan untuk remaja dan kesabaran untuk mengerti yang kelihatan ketika remaja sedang menghadapi masalah. Cinta ini akan diungkapkan dengan ketekunan walaupun ketika remaja berlaku yang tidak diharapkan dan seperti menolak ajaran yang diberikan. 
3. Optimis dan Antusias
Seorang yang riang dan menyenangkan adalah aset untuk menjadi pemimpin remaja. Rasa antusias itu menular, sehingga anak laki-laki dan perempuan dengan cepat mengikuti pemimpin yang optimis. Pemimpin yang sukses menekankan hal-hal yang positif dan mendukung program dengan energi dan konsekwensinya. 
4. Tuan Atas Emosinya Sendiri
Seorang yang benar-benar pemimpin adalah tuan atas emosinya sendiri. Keadaan suasana hati dan kepribadiannya menunjukkan keseimbangan. Hal ini dapat dilihat dari disiplinnya, keadaan hidup, iman dan percayanya kepada Allah dan rasa tanggung jawabnya. Makian-makian, amarah, atau depresi akan merusak citra baik terhadap seorang pemimpin yang nantinya ditiru oleh anak laki-laki atau perempuan.
5. Menyukai Hal Diluar Rumah
Sebagian besar aktifitas dari klub remaja akan dilakukan di luar rumah. Seorang pemimpin yang sukses akan mengatur rencana-rencana klub untuk mengambil setiap kesempatan dalam memperkenalkan anggota klub kepada perjalanan baru yang akan ditemukan di gunung, lembah, pantai dan sepanjang danau dan alirannya. Penemuan - penemuan di alam yang telah direncanakan, berkemah dan jalan kaki di gunung akan membawa keahlian yang baru dan segar kepada anggota klub. 
6. Memahami Karakteristik Anak Muda Junior
Sangatlah penting bagi seorang pemimpin yang sukses untuk memahami faktor-faktor dan tekanan-tekanan yang mempengaruhi remaja dan karakteristik umum yang dimiliki oleh anak-anak seusia klub ini. Remaja pasti mengingat  kualitas dari pemimpin yang mereka inginkan. Remaja sedang memahami kerohanian, hal-hal yang berpengetahuan dan kepribadian. Memahami remaja dapat dilakukan dengan membaca buku, membuat penelitian, dan berusaha untuk bekerja dalam keserasian dengan remaja dalam mengikuti trend yang dibatasi, dibandingkan dengan secara langsung tidak setuju dengan pendapat mereka. 
7. Pemilik Bermacam-macam Keahlian
Setiap keahlian dimiliki oleh seorang pemimpin sebagai satu kunci tambahan yang bisa digunakan untuk membuka hati yang tertutup. Sangatlah berharga untuk boleh menjadi sanggup dan mempunyai banyak pemgalaman sehingga pemimpin dapat selalu membagikan sesuatu yang baru yang dapat diperkenalkan pada anggota klub. Sangat diharapkan bahwa pemimpin lebih mengenal dengan baik aktifitas yang dipimpinnya. Pemimpin ada di depan dalam perkembangan keahlian. Dalam  pelatihan Staf Remaja, pemimpin harus dapat menemukan kesenangan akan  pengalaman yang baru. 
8.  Mengetahui Bagaimana Mengorganisasi.
Setiap pemimpin harus tahu bagaimana berorganisasi. Pemimpin membangun rencananya, kemudian mengevaluasi semua unsur-unsur yang dia pikirkan, meraih tujuan. Selanjutnya, pemimpin merencanakan langkah-langkah pasti yang akan diambil untuk menyelesaikan tugasnya. P emimpin kemudian mendelegasikan tanggung jawabnya kepada orang-orang yang mampu, mengunakan sebanyak mungkin orang dan faktor-faktor yang baik sementara pemimipin dapat mengaturnya. Kemudian mengatur rekannya dan mendorong kemajuan yang bertahap, sampai mencapai sasarannya. Inilah organisasi. 
9. Membangun Hubungan yang Menyenangkan dengan Rekan-Rekan Sekerja
Pertanyaan mengenai hubungan pribadi adalah penting. Rahasianya adalah cinta persaudaraan, lebih mengutamakan orang lain dari dirinya sendiri. Penasehat harus belajar untuk mempunyai hubungan yang baik dengan orang lain yang sejajar dan yang melayani dalam level yang sama. Dia harus mampu untuk turut bersuka cita karena keberhasilan, promosi ataupun atas penghargaan yang diberikan kepada teman sesama pemimpin. Keberhasilan apapun yang telah diberikan harus diterima dengan rendah hati dan penguasaan diri. Pemimpin harus memupuk persahabatn yang menyenangkan dengan atasannya. Tidak masalah dimana kita sekarang, pasti ada atasan kita dalam tanggung jawab. ita harus bekerja semampu kita untuk setia pada atasan, untuk bekerja seirama dan bekerja sama dengan mereka. Jika ada perbedaan pendapat, kita harus membicarakan masalah ini dengan atasan secara pribadi daripada membicarakannya dengan sesama teman atau anggota klub. Ketika seorang pemimpin menemukan dirinya berada pada posisi memimpin, dia harus mempunyai hubungan yang baik dengan bawahannya. Dia seharusnya tidak cemburu atau menunjukkan perbedaan. Usahanya ditujukan untuk persatuan dari masing-masing pemimpin yang dibawahinya. Dia harus ingat bahwa keberhasilan dari anak buah adalah juga keberhasilannya. Dia juga harus ingat bahwa dia mempunyai tanggung jawab untuk melatih bawahannya untuk mengantikan dia nantinya. 
10. Mempunyai Jiwa Kepemimpinan
Di dalam Klub Remaja, pemimpinnya harus mempunyai jiwa kepemimpinan. Ini berarti bahwa dia harus mempunyai martabat yang membuatnya mudah untuk membuat anggota klub disiplin.  Pada saat yang sama, pemimpin harus mempunyai kehangatan yang mengundang rasa percaya dan membangun persahabatan. Akan merusak bila mempunyai kebaikan tanpa ketegasan.  Juga akan sangat tidak baik bila mempunyai ketegasan tanpa kebaikan. 
11. Membangun Rasa Humor
Setiap pemimpin yang berhubungan dengan anak muda harus mempunyai rasa humor yang dalam. Banyak kejadian-kejadian yang akan cenderung membuat pemimpin marah. Anak remaja mudah untuk bersendau-gurau mengenai perangai orang dewasa. Seorang pemimpin yang punya rasa humor akan menangani hal seperti ini dengan mudah. 
12. Selalu Ingin Tahu dan Kreatif
Sangat perlu bagi seorang pemimpin untuk mampu mencapai sasarannya walaupun penuh rintangan dan kesulitan-kesulitan yang menghalangi. Rasa ingin tahu akan mempermudah pemimpin untuk mencari rencana-rencana alternatif pada saat mana rencana yang diinginkan tidak dapat terlaksana. Pemimpin akan dengan cepat meneliti, hal-hal masuk akal dalam pikirannya. Seorang pemimpin wanita atau pria adalah seorang yang menemukan cara atau mendapatkan cara. 
13. Mendapat Kerjasama
   Sebagai pemimpin dari grup, anda akan menemukan bahwa  kesuksesan anda adalah tergantung dengan orang lain, tidak hanya kepada anda tetapi juga dalam kerjasama dari setiap orang yang bekerja dengan anda. Jika anggota tidak mau bekerja sama dengan anda maka anda tidak akan dapat menyelesaikan sesuatu, tidak masalah sepintar apapun anda. Masalahnya adalah bagaimana anda belajar cara untuk mendapat kerjasama anggota. Bagaimana itu dapat terlaksana? 
a. Sifat bersahabat
b. Suka memberikan pujian
c. Meminta tanggapan orang lain
d. Membuat orang lain merasa penting
e. Tidak pernah mempermalukan orang lain
f. Memimpin, tidak menyetir
g. Berusaha untuk mengingat nama
h. Menepati janji
I. Selalu gembira dan optimis
j. Tidak sombong
k. Jangan membuat keputusan kalau sedang marah.
l. Menyembuhkan yang sakit hati seketika itu juga
m. Memilih penolong yang handal
n. Selalu siap sedia menolong
o. Mau untuk bekerja sama dengan orang lain.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar