KEPEMIMPINAN PEMUDA ADVENT II

Diposting oleh Pelajaran SSD Online on Kamis, 15 November 2012

8. Mengetahui Bagaimana Mengorganisasi
Setiap pemimpin harus tahu bagaimana berorganisasi. Pemimpin membangun rencanany, kemudia mengevaluasi semua unsur-unsur yang dia pikirkan, meraih tujuan. Selanjutnya, pemimpin merencanakan langkah-langkah pasti yang akan diambil untuk menyelesaikan tugasnya. Pemimpin kemudian mendelegasikan tanggung jawabnya kepada orang-orang yang mampu, mengunakan sebanyak mungik orang dan faktor-faktor yang baik sementara pemimipin dapat mengaturnya. Kemudian mengatur rekannya dan mendorong kemajuan yang bertahap sampai mencapai sasarannya. Inilah organisasi. 

9. Membangun Hubungan yang Menyenangkan dengan Rekan-Rekan Sekerja
Pertanyaan mengenai hubungan pribadi adalah.... penting. Rahasianya adalah cinta persaudaraan, lebih mengutamakan orang lain dari dirinya sendiri. Penasehat harus belajar untuk mempunayi hubungan yang baik dengan orang lain yang sejajar dan yang melayani dalam level yang sama. Dia harus mampu untuk turut bersuka cita karena keberhasilan. promosi ataupun atas penghargaan yang diberikan kepada teman sesama pemimpin. Keberhasilan apapun yang telah diberikan harus diterima dengan rendah hati dan penguasaan diri. Pemimpin harus memupuk persahabatn yang menyenangkan dengan atasannya. Tidak masalah dimana kita sekarang, pasti ada atasan kita dalam tanggung jawab.Kita harus bekerja semampu kita untuk setia pada atasan, untuk bekerja seirama dan bekerja sama dengan mereka. Jika ada perbedaan pendapat, kita harus membicarakan masalah ini dengan atasan secara pribadi daripada membicarakannya dengan sesama teman atau anggota klub. Ketika seorang pemimpin menemukan dirinya berada pada posisi memimpin, dia harus mempunyai hubungan yang baik dengan bawahannya. Dia seharusnya tidak cemburu atau menunjukkan perbedaan. Usahanya ditujukan untuk persatuan dari masing-masing pemimpin yang dibawahinya. Dia harus ingat bahwa keberhasilan dari anak buah adalah juga keberhasilannya. Dia juga harus ingat bahwa dia mempunyai tanggung jawab untuk melatih bawahannya untuk mengantikan dia nantinya. 


10. Mempunyai Jiwa Kepemimpinan

Di dalam Klub Remaja, pemimpinnya harus mempunyai jiwa kepemimpinan. Ini berarti bahwa dia harus mempunyai martabat yang membuatnya mudah untuk membuat anggota klub disiplin.  Pada saat yang sama, pemimpin harus mempunyai kehangatan yang mengundang rasa percaya dan membangun persahabatan. Akan merusak bila mempunyai kebaikan tanpa ketegasan.  Juga akan sangat tidak baik bila mempunyai ketegasan tanpa kebaikan. 

11. Membangun Rasa Humor
Setiap pemimpin yang berhubungan dengan anak muda harus mempunyai rasa humor yang dalam. Banyak kejadian-kejadian yang akan cenderung membuat pemimpin marah. Anak remaja mudah untuk bersendau-gurau mengenai perangai orang dewasa. Seorang pemimpin yang punya rasa humor akan menangani hal seperti ini dengan mudah. 

12. Selalu Ingin Tahu dan Kreatif
Sangat perlu bagi seorang pemimpin untuk mampu mencapai sasarannya walaupun penuh rintangan dan kesulitan-kesulitan yang menghalangi. Rasa ingin tahu akan mempermudah pemimpin untuk mencari rencana-rencana alternative pada saat mana rencana yang diinginkan tidak dapat terlaksana. Pemimpin akan dengan cepat meneliti, hal-hal masuk akal dalam pikirannya. Seorang pemimpin wanita atau pria adalah seorang yang menemukan cara atau mendapatkan cara. 

13. Mendapat Kerjasama
Sebagai pemimpin dari grup, Anda akan menemukan bahwa  kesuksesan anda adalah tergantung dengan orang lain, tidak hanya kepada anda tetapi juga dalam kerjasa dari setiap orang yang bekerja dengan anda. Jika anggota tidak mau bekerja sama dengan anda maka anda tidak akan dapat menyelesaikan sesuatu, tidak masalah sepintar apapun anda. Masalahnya adalah bagaimana anda belajar cara untuk mendapat kerjasama anggota. Bagaimana itu dapat terlaksana?

  1.  Sifat bersahabat
  2.  Suka memberikan pujian
  3.  Meminta tanggapan orang lain
  4.  Membuat orang lain merasa penting
  5.  Tidak pernah mempermalukan orang lain
  6.  Memimpin, tidak menyetir
  7.  Berusaha untuk mengingat nama
  8.  Menepati janji
  9.  Selalu gembira dan optimis
  10.  Tidak sombong
  11.  Jangan membuat keputusan kalau sedang marah.
  12.  Menyembuhkan yang sakit hati seketika itu juga
  13.  Memilih penolong yang handal
  14.  Selalu siap sedia menolong
  15.  Mau untuk bekerja sama dengan orang lain.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar